Search Suggest

15 Cara Ampuh Menghilangkan Iklan Pop-Up di HP Android Yang Tiba-Tiba Muncul Dengan Menggunakan Aplikasi Dan Tanpa Aplikasi Tambahan

bagaimana cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di hp

Ketika iklan tiba-tiba muncul di HP, itu bisa sangat mengganggu. Banyak orang mencari cara untuk menghilangkan iklan tersebut, tetapi sejauh ini, banyak aplikasi penghilang iklan yang malah menimbulkan masalah baru. Beberapa aplikasi bahkan dapat menghabiskan memori HP atau bahkan mengandung software berbahaya.

Selain mengganggu, iklan yang muncul di HP juga dapat mengancam keamanan perangkatmu. Iklan terus bermunculan di ponsel saya. Perangkat Android saya baru saja menyarankan saya untuk membeli menginstal sesuatu yang baru, dengan menampilkan iklan pop-up layar penuh untuk membujuk saya. Sebagai orang yang lebih suka menjauhkan segala macam materi promosi, jejaring sosial, dan malware dari ponselnya, hal ini cukup mengejutkan.

Untuk itu, dalam artikel ini, W2wntwork akan memberikan beberapa rekomendasi cara menemukan penyebabnya serta menghilangkan iklan di HP tanpa menggunakan aplikasi dan dengan menggunakan aplikasi.

Cara Menemukan Aplikasi yang Menayangkan Iklan Pop-Up

Sebelum Anda menghapus aplikasi secara bar-bar, ada baiknya Anda menemukan aplikasi yang menyebabkan iklan Pop-Up muncul.

Dulu pernah terjadi masa di mana iklan di Android menjadi sorotan. Masih ingatkah dengan iklan di Notification Area? Iklan ini menjadi kontroversial ketika diketahui bahwa pesan promosi akan muncul di bagian atas layar ponsel Anda, dengan AirPush dan SlingLabs menjadi dua perusahaan yang memungkinkan iklan muncul di sana.

Solusi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan memilih opsi keluar, meskipun ada juga solusi alternatif lain untuk mengatasi serangan Notification Area.

Dalam hal iklan Notification Area (yang masih memengaruhi pengguna di perangkat lama), cukup mudah untuk mengidentifikasi aplikasi yang bertanggung jawab berkat ikonnya yang muncul di sebelah iklan di Android 4.1 dan yang lebih baru.

Anda juga dapat mencoba untuk memulai ulang ponsel Anda, yang mungkin bisa lebih cepat dan membantu mengatasi masalah tersebut.

Selanjutnya, periksa aplikasi yang baru-baru ini diinstal, terutama yang terpasang sekitar waktu pop-up iklan pertama kali muncul. Hal ini penting dilakukan jika Anda sering menginstal aplikasi dan game baru.

Pada sebagian pengguna android  seringkali menginstal aplikasi yang tidak biasa dia gunakan. Meskipun saya merasa lebih cerdas daripada kebanyakan orang, namun masih ada kemungkinan juga ia akan menggunakan aplikasi yang menampilkan iklan yang tidak ia senangi. Hal ini kadang terjadi saat anda memainkan game gratis atau aplikasi lain yang menampilkan iklan. Namun, yang lebih memprihatinkan adalah ketika iklan muncul di layar beranda tanpa peringatan.

Ini bisa menjadi tanda adware, suatu bentuk malware yang perlu diwaspadai. Adware adalah program berbahaya yang menampilkan iklan yang tidak diinginkan atau mengalihkan pengguna ke situs web yang tidak aman. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa aplikasi yang diinstal tidak mengandung adware.

Selain itu, Google tidak menyukai aplikasi dan game yang memberikan terlalu banyak iklan yang mengganggu pengguna. Google menyatakan: "We don't allow apps that spam users or Google Play, such as apps that send users unsolicited messages or apps that are repetitive or low-quality."

W2wnetwork Memberikan Dua Pilihan Cara Melihat Iklan Pop-up

1. Memeriksa Pemberitahuan Iklan Pop-Up

Android versi terbaru telah memudahkan pengguna untuk mengetahui aplikasi apa yang sedang berjalan di perangkat dan izin apa yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Jika Anda menerima notifikasi untuk aplikasi yang tidak Anda sadari sedang aktif, ini adalah saat yang tepat untuk menekan lama notifikasi tersebut dan mengetuk tombol Lainnya. Nama tombol ini mungkin berbeda-beda tergantung pada model ponsel Anda.

Ini akan membawa Anda ke layar izin aplikasi, di mana Anda dapat mengubah akses yang diberikan aplikasi ke perangkat keras dan fitur ponsel Anda (seperti pemberitahuan).

Opsi tambahan dapat ditemukan melalui Pengaturan > Aplikasi > Izin > Izin. Langkah-langkah yang spesifik akan berbeda tergantung pada model ponsel Anda. Atau, Anda dapat membuka aplikasi Pengaturan dan mencari Izin di bilah pencarian teratas.

Dari sini, Anda akan menemukan detail lengkap untuk aplikasi tersebut, yang seharusnya mengungkapkan semua keterkaitannya; atau, Anda mungkin menemukan bahwa aplikasi tersebut tidak sesuai dengan yang Anda pikirkan.

2. Memeriksa Aplikasi yang Sedang Terbuka

Anda dapat memeriksa aplikasi yang sedang dibuka untuk mengetahui aplikasi mana yang menampilkan iklan pop-up. Caranya, saat iklan pop-up muncul, geser layar ke atas dari bagian bawah layar dan tahan jari Anda di tengah layar untuk melihat layar Ikhtisar. Pada beberapa perangkat, Anda juga bisa mengetuk Aplikasi terbaru di bilah bawah untuk melihat kartu aplikasi yang baru dibuka.

Periksa nama aplikasi yang tidak dikenal. Jika Anda menemukannya, tekan lama kartunya dan ketuk ikon Pengaturan untuk membuka halaman aplikasi. Dari sana, Anda dapat menghapus aplikasi langsung.

Namun, ingat bahwa langkah-langkah pada perangkat Android dapat berbeda-beda, dan aplikasi mungkin dapat mengirim pemberitahuan tanpa terlihat di layar Ikhtisar. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi yang menimbulkan iklan pop-up di layar Ikhtisar atau dari notifikasi, ada metode lain yang dapat membantu menghapus iklan pop-up di Android.

Tidak Dapat Menemukan Aplikasi yang Melanggar?

Mungkin opsi terbaik bagi siapa pun yang ingin menghindari pengaturan ulang pabrik pada ponsel atau tablet mereka adalah dengan menggunakan alat anti-adware, yaitu utilitas yang dirancang untuk mendeteksi malware yang menampilkan iklan.

Popup Ad Detector dapat menjadi tempat yang baik untuk memulai, aplikasi gratis yang akan mendeteksi aplikasi mana yang menampilkan iklan pop-up. Aplikasi ini dapat mendeteksi berbagai jenis iklan pop-up, seperti iklan layar kunci, iklan layar beranda, iklan bilah notifikasi, dan aplikasi yang menampilkan iklan di atas aplikasi lain.

Dengan aplikasi ini, setelah iklan pop-up muncul di layar beranda, layar kunci, bilah notifikasi, atau di atas aplikasi lain, aplikasi ini akan memberi tahu Anda aplikasi yang bertanggung jawab atas iklan tersebut. Dari sana, Anda dapat dengan mudah menghapus perangkat lunak yang mengganggu.

Berikut 6 Rekomendasi Aplikasi yang dapat Anda gunakan

1. Unduh: Popup Ad Detector (Gratis, tersedia pembelian dalam aplikasi)

Jika Anda sedang menghadapi masalah iklan di ponsel Anda, memasang aplikasi keamanan seluler mungkin dapat membantu mengatasinya. Ada beberapa opsi aplikasi keamanan seluler lengkap yang tersedia, dan di antaranya adalah ESET Mobile Security & Antivirus dan Malwarebytes Anti-Malware.

ESET Mobile Security & Antivirus adalah aplikasi yang populer digunakan untuk melindungi ponsel dari ancaman berbahaya seperti virus, malware, dan spyware. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu melindungi privasi Anda dengan menawarkan fitur keamanan seperti Antispam, Anti-Phishing, dan Anti-Theft.

Sementara itu, Malwarebytes Anti-Malware adalah aplikasi keamanan seluler yang dapat memindai dan menghapus ancaman seperti virus, malware, dan adware. Aplikasi ini juga dapat membantu melindungi privasi Anda dengan fitur seperti Keamanan Privasi dan Pemindai Aplikasi.

Penting untuk diingat bahwa meskipun memasang aplikasi keamanan seluler dapat membantu mengatasi iklan dan melindungi perangkat Anda dari ancaman berbahaya, tidak ada jaminan bahwa masalah iklan akan hilang sepenuhnya. Penting untuk selalu berhati-hati dan berpikir dua kali sebelum memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenal dan memperbarui perangkat Anda secara teratur.

2. Download: ESET Mobile Security & Antivirus (Gratis, tersedia pembelian dalam aplikasi)

3. Download: Malwarebytes Anti-Malware (Gratis, tersedia pembelian dalam aplikasi)

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan detektor jaringan iklan. Aplikasi ini dapat mendeteksi koneksi antara perangkat Anda dan jaringan iklan yang dikenal, dan memblokirnya. Ini dapat mengakhiri iklan pop-up di layar beranda Android Anda.

Terdapat beberapa opsi kuat yang tersedia, salah satunya adalah AppBrain Ad Detector dan Mobile Security-Lookout (sebelumnya Lookout Security & Antivirus). Sementara itu, Addons Detector dapat memberikan informasi untuk menyelidiki jenis iklan yang ditampilkan oleh aplikasi tertentu, serta dari mana iklan tersebut ditayangkan. Informasi ini mungkin tidak terlalu berguna, tetapi tetap perlu diketahui.

4.       Download: AppBrain Ad Detector (Free)

5.       Download: Mobile Security - Lookout (Free, in-app purchases available)

6.       Download: Addons Detector (Free, in-app purchases available)

Sampai di sini saya harap anda telah mengerti, namun bila anda memilih untuk mengatasi Iklan Pop-Up di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan, w2wnetwork juga memberikan anda solusinya.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Tanpa Aplikasi

Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk memblokir iklan pop-up yang muncul tiba-tiba di ponsel:

1.       Gunakan browser dengan fitur pemblokir iklan pop-up bawaan. Sebagian besar browser modern seperti Chrome, Firefox, dan Safari memiliki fitur ini.

2.  Mengaktifkan Fitur Play Protect

Google Play Protect dapat melindungi ponsel Androidmu dari aplikasi yang berisi iklan berbahaya. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini sebagai cara menghilangkan iklan di HP-mu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Klik ikon profil di bagian kanan atas.
  • Pilih Play Protect, kemudian klik Settings.
  • Aktifkan opsi "Scan apps with Play Protect".

3.       Matikan notifikasi dari aplikasi yang tidak dikenal. Beberapa aplikasi mungkin menampilkan iklan pop-up melalui notifikasi. Anda dapat mematikan notifikasi dari aplikasi yang tidak dikenal atau menghapus aplikasi tersebut jika perlu.

4.       Periksa aplikasi yang terpasang. Beberapa aplikasi mungkin mengirim iklan pop-up meskipun tidak terlihat di layar. Anda dapat memeriksa aplikasi yang sedang berjalan atau terpasang dan mencari aplikasi yang mencurigakan atau tidak dikenal. Jika menemukan aplikasi seperti itu, sebaiknya dihapus dari ponsel.

5.       Gunakan VPN dengan fitur pemblokir iklan. Beberapa layanan VPN memiliki fitur pemblokir iklan yang dapat membantu mencegah munculnya iklan pop-up pada ponsel Anda. Untuk menambah pengetahuan Anda tentang teknologi jaringan, kami sarankan Anda membaca artikel kami sebelumnya tentang Virtual Pro Network, mungkin Anda akan membutuhkannya di masa depan.

6.       Manfaatkan Pengaturan Keamanan

Salah satu hal yang paling ditakuti dari iklan di HP adalah kemungkinan masuknya virus atau malware dari aplikasi yang tidak aman. Beberapa iklan di HP dapat menipu pengguna agar menginstal aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi ini biasanya memiliki rating rendah di Play Store dan tidak dibutuhkan oleh pengguna.

Untuk mencegah HP Anda menginstal aplikasi dari sumber yang tidak jelas, Anda bisa memblokir akses instal aplikasi dari luar Play Store melalui menu Keamanan di Pengaturan. Caranya, masuk ke menu Pengaturan atau Settings. Lalu, masuk ke menu Keamanan dan kemudian pilih menu Privasi. Pastikan bahwa Anda tidak mengizinkan HP Anda untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak diketahui (Unknown Source). Dengan mematikan opsi ini, Anda dapat memastikan bahwa hanya aplikasi yang aman yang dapat diinstal di HP Anda.

7.       Matikan Jaringan Wifi atau Seluler

Cara terakhir untuk menghilangkan iklan di HP adalah dengan mematikan koneksi seluler atau WiFi. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan iklan dari aplikasi yang tetap bisa digunakan dalam mode offline. Sebelumnya, kami juga menyarankan Anda untuk membaca Network Locked Sim Card Inserted agar Anda tidak panik ketika kartu sim Anda terkunci.

Aplikasi yang menampilkan iklan akan mengunduh materi iklan terlebih dahulu melalui internet. Dengan mematikan koneksi internet, aplikasi tidak dapat mengunduh materi iklan lagi. Namun, aplikasi atau game offline masih dapat berjalan dengan normal meskipun tidak terhubung ke internet. Cara ini juga cukup efektif untuk mencegah perangkatmu terkena malware atau menginstal aplikasi dari sumber yang tidak jelas.

Untuk game, kamu dapat mencoba trik ini untuk menghilangkan iklan di HP. Hampir semua iklan seluler dimuat secara dinamis dari internet, sehingga perangkatmu harus terhubung ke internet untuk menampilkan iklan. Jika game yang kamu mainkan dapat dimainkan secara offline, kamu hanya perlu menonaktifkan koneksi internet untuk menghilangkan iklan di HP.

Ingat, beberapa iklan pop-up mungkin berasal dari situs web yang dikunjungi atau dari aplikasi yang sah. Jadi, pastikan untuk memeriksa sumber iklan sebelum memutuskan untuk memblokirnya.

Kini kamu sudah mengerti beberapa cara untuk menghilangkan iklan di perangkatmu tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Selain itu, kamu juga sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli asuransi untuk HP kesayanganmu. Sebab, jika suatu saat HP-mu mengalami kerusakan, kamu bisa mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.