Search Suggest

Apa itu Social Network dan bagaimana cara kerjanya?

Social network mengacu pada penggunaan situs media social berbasis internet untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, kolega, atau pelanggan.
What is social networking and how does it work

Social network mengacu pada penggunaan situs media social berbasis internet untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, kolega, atau pelanggan. social networking dapat memiliki tujuan social, tujuan bisnis, atau keduanya, melalui situs seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest.

Social network juga merupakan kesempatan penting bagi pemasar yang ingin terlibat dengan pelanggan. Facebook tetap menjadi social netwerk terbesar dan paling populer, dengan 2,91 miliar orang yang menggunakan platform tersebut setiap bulan pada 31 Desember 2021. Untuk menambah pengetahuan Anda tentang teknologi jaringan, kami sarankan Anda membaca artikel kami sebelumnya tentang Virtual Pro Network, mungkin Anda akan membutuhkannya di masa depan.

Menurut Statista, Instagram, Twitter, dan Pinterest termasuk dalam social network yang paling populer berikutnya.

Bagaimana Social Network Bekerja

Social Network melibatkan pengembangan dan pemeliharaan hubungan pribadi dan bisnis dengan menggunakan teknologi. Ini dilakukan melalui penggunaan situs social network seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Melalui situs ini, orang dan bisnis dapat terhubung satu sama lain sehingga mereka dapat mengembangkan hubungan dan berbagi informasi, ide, dan pesan.

Manfaat Untuk keluarga dan teman

Anggota keluarga dan teman dapat membangun kembali hubungan dan tetap terhubung melalui situs social network pribadi seperti Facebook. Mereka dapat berbagi foto dan pembaruan status tentang peristiwa sehari-hari atau penting dalam kehidupan mereka. Orang juga dapat terhubung dengan orang yang tidak dikenal yang memiliki minat, tujuan, atau pengalaman yang sama. Individu dapat menemukan satu sama lain melalui grup.

Manfaat Pemasaran

Social network sering digunakan oleh pemasar untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong loyalitas pelanggan. Pemasaran social network membantu mempromosikan suara dan konten merek. Ini dapat membantu membuat bisnis lebih mudah dijangkau oleh pelanggan baru dan lebih menonjol bagi pelanggan yang sudah ada.

Contohnya Seorang pengguna Twitter yang sering dapat misalnya belajar tentang sebuah perusahaan melalui umpan berita dan memutuskan untuk membeli produk atau layanan. Semakin banyak orang yang terpapar merek suatu perusahaan, semakin besar peluang bagi perusahaan untuk menemukan dan mempertahankan pelanggan baru.

Pemasar menggunakan jaringan social untuk meningkatkan persentase konversi. Membangun pengikut memberikan akses dan interaksi dengan pelanggan baru, terbaru, dan lama. Dengan membagikan posting blog, gambar, video, atau komentar di media social, pengikut dapat merespons dan terlibat, mengunjungi situs web perusahaan, dan menjadi pelanggan. Sebelumnya, kami juga menyarankan Anda untuk membaca Network Locked Sim Card Inserted agar Anda tidak panik ketika kartu sim Anda terkunci.

Platform Social Network Terbesar

Facebook

Facebook adalah social network yang memberikan pengguna kemampuan untuk terhubung dengan orang, bisnis, dan organisasi. Mereka dapat memposting pembaruan dan merespons pesan dari orang lain. Mereka dapat berbagi foto dan tautan ke konten online. Pengguna dapat melakukan obrolan langsung dan mengunggah dan berbagi video.

Pengguna juga dapat berkomunikasi langsung satu sama lain melalui Facebook Messenger. Mereka dapat bergabung dengan kelompok dengan minat yang sama dan tetap up-to-date dengan aktivitas teman dan halaman yang ingin mereka ikuti.

Facebook dirancang untuk menjadi terbuka dan social. Meskipun platform ini mendorong konten yang tersedia untuk umum, ia juga memiliki kontrol privasi yang dapat membatasi akses ke teman, misalnya.

Facebook didirikan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg saat ia kuliah di Universitas Harvard. Saat ini dimiliki oleh Meta Platforms (yang CEO-nya adalah Zuckerberg). Facebook adalah jaringan social terbesar di dunia, dengan sekitar 3 miliar pengguna aktif.

Instagram

Instaram adalah sebuah jaringan social yang fokus pada berbagi media visual seperti foto dan video. Sama seperti Facebook, pengguna dapat membuat profil dan memiliki feed berita. Ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah media yang dapat diedit dengan filter dan diatur berdasarkan hashtag dan penandaan geografis. Kiriman dapat dibagikan secara publik atau dengan pengikut.

Pengguna dapat melihat konten dari pengguna lain, melihat konten trending, dan mengikuti pengguna lain. Mereka dapat menambahkan konten orang lain ke feed pribadi mereka. Seiring waktu, Instagram telah menambahkan fitur baru seperti Instagram Stories, Instagram Reels, dan akses ke belanja. Sama seperti Facebook, Instagram mendorong pengguna untuk membuat konten mereka tersedia secara publik, tetapi mereka juga dapat menyetel akses hanya untuk pengikut yang disetujui.

Instagram memiliki fitur pesan langsungnya sendiri. Selain itu, Facebook Messenger telah diintegrasikan ke Instagram sehingga pengguna dapat mengirim pesan ke kontak Facebook saat mereka di Instagram.

Instagram didirikan pada tahun 2010 oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Pada tahun 2012, Instagram diakuisisi oleh Meta Platforms (dahulu Facebook). Saat ini, Instagram memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna aktif.

Twitter

Twitter adalah jaringan social yang memungkinkan orang berkomunikasi dengan pesan singkat yang disebut tweet. Platform social ini membatasi tweet hingga 280 karakter. Pengguna menambahkan tweet yang dapat berguna, menarik, atau bahkan memprovokasi bagi pembaca.

Orang lain menggunakan Twitter untuk menemukan orang dan perusahaan yang menambahkan konten menarik, penting, atau berita. Setelah pengguna menemukan orang lain yang menarik perhatiannya, mereka dapat mengikuti mereka dan menerima aliran tweet terus-menerus dalam umpan mereka.

Tweeting juga dikenal sebagai microblogging. Ini berbeda dengan kemampuan pengguna untuk memposting konten dengan cepat, mudah, dan mudah discan dan disebarluaskan. Ini mungkin menjelaskan popularitasnya di antara mereka yang ingin (atau perlu) banyak mengirim pesan ke dunia dan mereka yang ingin mengikuti socialita tersebut (atau sumber penting informasi).

Twitter digunakan oleh jurnalis profesional dan warga, politisi, selebritas, pemasar, dan banyak lagi. Didirikan pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams. Dimiliki oleh Twitter, Inc. dan CEO-nya saat ini adalah Parag Agrawal. Pada tahun 2021, Twitter memiliki sekitar 430 juta pengguna. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi hampir 500 juta pada tahun 2025.

Pinterest

Pinterest adalah situs jaringan social yang mempromosikan penyimpanan dan berbagi gambar dengan menggunakan papan pin virtual. Ini adalah platform inovatif yang memudahkan pengkatalogan dan pengorganisasian informasi yang bermakna bagi individu.

Dengan Pinterest, pemegang akun menemukan gambar dengan menjelajahi internet atau Pinterest itu sendiri. Kemudian mereka memasang (atau menyimpan) gambar-gambar tersebut ke papan pin online. Banyak papan pin dapat dibuat dan diatur berdasarkan topik tertentu.

Setelah mereka membuat dan membangun papan pin untuk mengkatalogkan ide dan minat, pengguna dapat mengaksesnya kapan saja. Dengan mengklik gambar, informasi terkait akan terungkap.

Seperti jaringan social lainnya, pengguna Pinterest memiliki umpan yang menampilkan gambar berdasarkan minat mereka. Mereka dapat berinteraksi dengan menyukai gambar, mengikuti satu sama lain, dan meninggalkan komentar. Ada juga fitur yang menyediakan pesan pribadi.

Pinterest dibuat pada tahun 2009 oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra, dan Evan Sharp. Ini dimiliki oleh Pinterest, Inc. dan CEO-nya adalah Bill Ready. Pada tahun 2022, Pinterest memiliki sekitar 433 juta pengguna aktif.

Pertimbangan khusus

Tidak ada pendekatan standar untuk strategi pemasaran media social. Hal ini disebabkan oleh setiap perusahaan yang unik dengan target demografis, sejarah, dan pasar yang berbeda.

Perusahaan media social ingin agar bisnis membayar untuk iklan mereka. Oleh karena itu, platform sering membatasi jangkauan dan jumlah respons yang dapat diterima bisnis melalui pesan yang tidak dibayar. Misalnya, jika sebuah bisnis memiliki 500 pengikut, tidak semua pengikut akan menerima pesan yang sama.

Sifat media social yang terus berkembang menjadi tantangan untuk mengikuti perubahan dan juga mempengaruhi tingkat keberhasilan pemasaran suatu bisnis di platform tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan dari media Social atau Social Network

Media social memiliki kemampuan untuk mempengaruhi individu dan bisnis secara positif dan negatif. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari penggunaan platform media social sebelum terlalu terlibat di dalamnya.

Social media memungkinkan individu untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman yang jarak dan kehilangan koneksi akan menghalanginya. Orang-orang juga dapat terhubung dengan orang yang tidak dikenal yang memiliki minat yang sama dan membentuk hubungan baru.

Berkat social media, perusahaan juga dapat terhubung dengan pelanggan baru dan yang sudah ada. Mereka dapat menggunakan media social untuk menciptakan, mempromosikan, dan meningkatkan kesadaran merek.

Perusahaan dapat memanfaatkan ulasan dan komentar dari pelanggan yang mempromosikan produk, layanan, dan merek mereka. Semakin banyak pelanggan yang memposting tentang perusahaan, semakin berharga otoritas merek tersebut. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan penjualan dan peringkat yang lebih tinggi oleh mesin pencari.

Social media juga dapat membantu merek menjadi sah, kredibel, dan dapat dipercaya. Perusahaan dapat menggunakan social media untuk menunjukkan kualitas layanan pelanggan mereka dan memperkaya hubungan dengan konsumen. Sebagai contoh, jika seorang pelanggan mengeluh tentang produk atau layanan di Twitter, perusahaan dapat segera menangani masalah tersebut, meminta maaf, dan mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

Kelebihan Social Network

Social media dapat mempermudah penyebaran informasi yang salah tentang orang dan perusahaan.

Karena bersifat online, kebohongan dapat menyebar dengan cepat. Hal ini semakin sering terjadi setelah tahun 2012. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan informasi yang salah dibagikan di Twitter adalah 70% lebih besar daripada informasi yang benar.

Dampak buruk dari informasi yang salah dapat menjadi masalah besar bagi departemen public relations (PR) suatu perusahaan.

Aspek anonim dari hubungan pribadi yang baru membutuhkan kehati-hatian.

Membangun dan memelihara profil bisnis membutuhkan waktu berjam-jam setiap minggu. Biayanya juga meningkat dengan cepat.

Perusahaan membutuhkan banyak pengikut sebelum kampanye pemasaran di media social mulai menghasilkan pengembalian investasi (ROI) yang positif. Posting pada 15 pengikut misalnya, tidak memiliki efek yang sama dengan posting pada 15.000 pengikut.

Ini memungkinkan orang untuk terhubung dengan orang lain, termasuk teman dan keluarga.

Perusahaan dapat mencapai baik pelanggan baru maupun yang sudah ada, dan membangun serta memperkuat merek mereka.

Perusahaan dapat menunjukkan layanan pelanggan yang luar biasa.

Kekurangan Social Network

Social media dapat memudahkan penyebaran informasi yang salah

Keluhan tentang perusahaan dapat menyebar dan menyebabkan masalah PR

Biaya untuk beriklan dan mengembangkan profil bisnis dapat tinggi

Anonimitas pengguna dapat membutuhkan kehati-hatian.

Contoh Pemanfaatan Social Network

Hampir setiap produk atau layanan yang Anda gunakan didukung oleh perusahaan dengan kehadiran di media social. Hampir tidak mungkin untuk memikirkan sebuah perusahaan besar yang tidak beroperasi, memasarkan, dan beriklan di jaringan social.

Memanfaatkan media social bukan hanya praktik bisnis yang baik, tetapi juga sangat penting jika Anda ingin berhasil di dunia bisnis. Berikut adalah dua contoh perusahaan yang sukses dalam hal ini.

Taco Bell

Jaringan restoran cepat saji populer Taco Bell memiliki lebih dari 1,4 juta pengikut di Instagram dan hampir 2 juta pengikut di Twitter. Perusahaan dapat memperoleh perhatian orang melalui media social dengan menempatkan konten tentang penawaran menu, karyawan, dan restoran. Taco Bell juga memposting tweet dan kiriman Instagram yang santai dan menghasilkan ribuan balasan, retweet, dan suka.

Taco Bell memperjuangkan emoji taco dengan membuat petisi di Change.org pada tahun 2014. Perusahaan tersebut menyebarluaskan petisi tersebut di media social. Petisi tersebut mendapatkan 33.000 tanda tangan dari penggemar Taco Bell. Apple merilis emoji taco pada Oktober 2015 ketika merilis iOS 9.1.

Kylie Jenner

Anda tidak perlu menjadi perusahaan untuk menggunakan media social secara ahli. Ini adalah zaman pengaruh social. Kylie Jenner memiliki lebih dari 314 juta pengikut di Instagram, 36,4 juta pengikut di Snapchat, dan 39,6 juta pengikut di Twitter.

Influencer muda dan bintang reality show ini menggunakan platform media socialnya untuk memperkuat citra dan mereknya. Dia juga seorang pengusaha yang menggunakan jaringan social untuk mempromosikan bisnisnya, Kylie Cosmetics.

Merek kecantikan ini memberinya tempat di daftar wanita yang berhasil mandiri Forbes, miliarder muda, dan Celebrity 100 tahun 2020.

Apakah tujuan media social?

Media social menghubungkan individu dan perusahaan dengan memungkinkan mereka untuk berbagi informasi, ide, dan pesan. Perusahaan juga menggunakan media social untuk menciptakan dan memperkuat kesadaran merek, mempromosikan produk dan layanan, dan menjawab pertanyaan dan kekhawatiran pelanggan.

Apa keuntungan dari jejaring social?

Keuntungan dari jejaring social meliputi kemampuan mereka untuk membantu orang terhubung dan tetap berhubungan dengan keluarga, teman, dan kontak baru; kemampuan yang mereka berikan bagi perusahaan untuk memasarkan merek mereka; kemampuan mereka untuk menyebarluaskan informasi yang bermanfaat bahkan sangat penting secara instan di antara individu dan institusi.

Mengapa jejaring social penting?

Jejaring social penting karena mereka memungkinkan orang untuk mengembangkan hubungan yang mungkin tidak mungkin terjadi karena jarak dan waktu. Mereka juga membantu meningkatkan produktivitas bisnis ketika digunakan untuk keperluan hubungan masyarakat, pemasaran, dan periklanan.

Apa 10 situs jejaring social teratas?

Menurut Statista, pada bulan Januari 2022, 10 situs jejaring social teratas adalah Facebook, YouTube, WhatsApp, Instagram, WeChat, TikTok, Facebook Messenger, Douyin, QQ, dan Sina Weibo.

Kesimpulan

Social media meliputi penggunaan platform media social online untuk terhubung dengan teman baru dan lama, keluarga, rekan kerja, dan perusahaan. Individu dapat menggunakan jejaring social untuk mengumumkan dan membahas minat dan kekhawatiran mereka dengan orang lain yang mungkin mendukung mereka dan berinteraksi dengan mereka secara berbeda.

Perusahaan dapat menggunakan jejaring social untuk membangun merek, menjual produk, memperluas basis pelanggan, dan memperkuat hubungan dan layanan pelanggan.

Jejaring social dapat memiliki beberapa kekurangan, tetapi manfaatnya, termasuk fakta bahwa individu dan perusahaan memiliki metode untuk menyebarluaskan pesan secara langsung, membuatnya menjadi teknologi yang akan terus digunakan dan dikembangkan selama bertahun-tahun.